[Review] Pengalaman Beli VPS di DigitalOcean

[Review] Pengalaman Beli VPS di DigitalOcean – Bagi kamu yang menggemari dunia server, vps, dan hosting, pasti nama DigitalOcean tidaklah asing.

Digitalocean logo

DigitalOcean merupakan salah satu provider VPS yang sangat pesat pertumbuhannya. Walaupun tergolong baru, DO mampu menyerap pasar webmaster yang makin tumbuh cepat demand-nya akan virtual private server. Tentu saja ini tidak lepas dari promo gila-gilaan yang dilakukannya dalam beberapa tahun terakhir.

DO mengiklankan dirinya sebagai penyedia cloud VPS (walaupun ‘fake‘), dengan proyek marketing sedemikian rupa sehingga diklaim menjadi provider hosting no. 3 terbesar di dunia.

Sala satu keunikan DO, mereka mempunyai datacenter di dalam laut, berangkat dari ide tentang server Facebook yang mempunyai datacenter di kutub, iya! Ini semua tentang cooler alami dan gratis. Sayang, saat datacenter Atlantis dirilis, aku tidak sempat mencobanya, terlalu banyak mikir sih!

VPS Singapore paling murah

Salah satu hal yang membuatku terikat dengan DO, adalah biaya sewa VPS Singapore yang tergolong murah, bahkan mungkin yang paling murah. Beberapa provider mulai mencoba bersaing di VPS Singapore ini, seperti; oneasiahost, expertvm, simplercloud, namun belum ada yang sestabil DO. Beberapa pendatang baru yang akan meramaikan seperti; dediserve, oneprovider. Tapi kulihat dua provider terakhir ini belum open to public untuk lokasi Singapore, jadi tetap untuk saat ini DO masih unggul.

Keunggulan DigitalOcean

Aku coba me-list beberapa keunggulan DO berdasarkan pengalaman pribadi:

  1. Harga tergolong terjangkau. Sudah memakai SSD disk (jauh lebih cepat daripada HDD). Harga paling rendah adalah $5/bulan, 512MB Ram, 20 GB SSD, 1 TB Bandwidth.
  2. Support staff yang responsif. Beberapa kali support tiket dan dibalas dengan cepat, masalah terselesaikan dengan tepat.
  3. Cara pembayaran yang mudah. Seperti pada umumnya, pembayaran via Paypal, DO juga mendukung pembayaran via credit card.
  4. Pro-active abuse complaint. Mungkin ini standar bagi VPS provider, tapi banyak diluar sana yang masih terlalu malas untuk penanganan abuse complain. Contoh yang pernah saya alami, VPS seorang klien kena hack dan dipakai nyepam, staff DO memforward abuse complain dari semacam organisasi antispam, kita juga diberitahu cara-cara untuk menyelesaikan kasusnya.

Kekurangan DigitalOcean

Beberapa sisi minusnya DO :

  1. Fitur afiliasi yang tidak friendly. Bonus afiliasi dari DO lumayan besar, $25 per user. Tapi ada syaratnya, bonus afiliasi akan dibayarkan apabila memenuhi beberapa kondisi, diantaranya: user yang mendaftar sudah melakukan deposit minimal $25, user sudah memakai vps minimal 3 bulan. Namun yang paling tidak enak, fee afiliasi tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang, namun akan dikonversi ke credit balance akunmu. Kalau jatah afiliasimu tidak bisa cair dalam 6 bulan (karena user yang mendaftar tidak masuk kriteria), maka komisi pending afiliasimu akan hangus. Ah!
  2. Staff menolak mengerjakan task tertentu. Ok, ini memang unmanaged / self-managed, tapi untuk beberapa task yang terkait dengan server mereka harusnya bisa membantu user memberikan kemudahan akses.
  3. Verifikasi user baru dengan ID card (rare case). Bagiku, ini adalah hal yang paling menjengkelkan. Beberapa klien yang mendaftar lewat link afiliasiku diharuskan untuk submit ID card (KTP), entah apa maksudnya. Aku sendiri belum pernah mengalaminya.

Well, overall aku suka dengan layanan DigitalOcean, namun ada beberapa pertimbangan aku berhenti merekomendasikan ini ke rekan-rekan. Yah, yang paling kuat karena alasan afiliasi tadi sih, hehe..

DO pending balances

$150 pending dan bisa dipastikan hangus. Ugh!

Mungkin temanmu belum tahu:

8 thoughts on “[Review] Pengalaman Beli VPS di DigitalOcean

  1. Nanda Oktara says:

    Nice post nya,.. Bisa jadi reperensi nih 😀

  2. @sandalian says:

    Berita datacenter di dalam laut itu cuma April Mop, Om hehehe..

  3. Bejajo says:

    makasih banyak infonya mas. mau coba DO juga nih 🙂

  4. Saya mau sewa di sana, tapi gak punya CC dan Paypal. Mohon saran gan. Mau beli jasa buat paypal takut kena tipu.

  5. Pendaftaran says:

    kemaren cuba vultr rencana mau coba digital ocen terima kasih pengalamannya mungkin kedepan berguna bagi saya karena pengen coba juga

  6. Bagaimana Dengan Amazon ? karna lumayan banyak jg peminatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *