Bikin SIM C Legal Dalam Sehari, Bisa!

Cara membuat SIM C dengan mudah dalam sehari – Membuat SIM mungkin membuat sebagian orang apatis dikarenakan simpang siurnya berita kalau membuat SIM sekarang jauh lebih sulit daripada tahun-tahun lalu.

ujian sim C legal

Aku sendiri termasuk orang-orang malas itu, bukan apa-apa sih, dulu sekitar 10 tahun yang lalu waktu membuat SIM untuk pertama kali, ribetnya minta ampun, dan susah sekali untuk lolos. Banyak orang-orang mengambil jalan belakang dengan sedikit merogoh kocek demi mendapatkan SIM.

Percayalah, sekarang tidak semerepotkan dan semenakutkan seperti dulu, bahkan sekarang terkesan dikelola secara profesional. Ini adalah pengalaman pribadiku mendapatkan SIM hanya dalam beberapa jam, membuat baru, tanpa mengulang, tanpa main belakang, semua proses dilalui dengan legal.

Rabu, 27 Mei 2015. Aku berangkat dari rumah menuju kantor polisi (polantas atau apa namanya.. lupa) yang ada di dekat alun-alun Bojonegoro, sampai di kantor sekitar 09.30, segera masuk ruang pendaftaran dan kemudian diarahkan petugas untuk tes kesehatan dulu ke tempat rekanan (maaf, kurasa tempat ini bukan tempat praktek dokter, makanya kusebut rekanan).

Proses 1 : Tes Kesehatan

Yang dibutuhkan : uang Rp 20.000, fotocopy KTP 1 lembar

Aku langsung meluncur ke lokasi yang dimaksud, disana sudah ada seorang yang menanti di tempat seadanya, tes kesehatan yang dilakukan hanya tes buta warna, setelah itu keluarlah formulir sehat, wow! Segera aku kembali ke kantor dan menyerahkan formulir kesehatan tadi + fotocopy KTP 1 lembar.

Proses 2 : Tes Praktik

Setelah menyerahkan formulir, aku proses menjalani tes praktek. Dalam hal ini aku menjalani praktek lebih dahulu karena ruangan tes tulis sedang dipakai, no problem. Alhamdulillah aku lolos pada tes ini dengan lancar.

Di tempat tes praktek kita diharuskan menulis absen dan memakai rompi. Kemudian diberi waktu untuk melakukan ujicoba melewati rintangan tes selama 5 menit. Uji coba berjalan mulus, tanpa menyenggol atau menurunkan kaki.

TIPS :

1. Sebelum berangkat tes, aku menonton youtube, kalau tidak salah ingat dari kepolisian Purwokerto, disitu si polisi memberi tips supaya lulus tes, yakni berjalan dengan gigi 2 dengan perlahan dan tenang, tidak perlu terburu-buru. Oh ya satu lagi yang sering dilupakan, tutup pijakan kaki bagian belakang, karena beberapa peserta gagal setelah pijakan kaki belakangnya nyantol di marka jalan sewaktu tes.

2. Usahakan semua perlengkapan kendaraan lengkap dan berfungsi, dari mulai helm standar + kaitnya, lampu depan + belakang. Sewaktu tes terpaksa ada peserta yang gugur karena memakai lampu spotlight, dan satunya lagi memakai knalpot brong.

Proses 3 : Tes Tulis

Tes tulis yang diujikan berbentuk pilihan ganda, tidak perlu mengeluarkan alat tulis karena sistem jawabnya menggunakan tombol, nilaipun langsung keluar seketika setelah selesai tes. Total 30 soal @ 1 menit, minimal kelulusan dengan nilai 60.

Dalam sesi ini peserta ujian SIM C dan SIM A akan dipisahkan, soal yang diberikanpun berbeda. Tapi kalian harus jeli, bahwa hanya nomer soal yang dibolak-balik, sebagian soalnya sama (tidak semua) baik SIM C atau SIM A.

TIPS:

1. Cari di google, disana banyak tersedia kisi-kisi soal dan jawaban ujian tulis SIM. Coba pelajari karena sebagian soal masih sama dengan soal ujian asli. Worth a lot!

2. Jawab saja dengan cepat bila sudah yakin, jangan menunggu injury time, aku sempat kesal karena tombol tidak berfungsi saat injury time, ah!

3. Perhatikan soal ujian SIM A disebelah, baca dan ingat-ingat jawabannya, beberapa soal akan keluar pada ujian SIM C berikutnya, lumayan kan dapat jaminan benar 1-2 soal, hehe.

Proses 4 : Bayar Administrasi dan Foto

Setelah semuanya selesai, saatnya kita proses pengisian formulir dan membayar biaya administrasi. Disini akan ada admin bank yang menangani. Setelah itu kita dipersilahkan foto untuk cetak kartu SIM. Sekitar 10 menit kartu SIM tersebut jadi! Ahamdulillah.

Betapa mudah sebenarnya bila kita mau mengikuti alur pembuatan SIM dengan legal. Fakta bahwa banyak peserta tes yang tidak lulus, kemungkinan besar karena sudah sedari awal mereka jatuh mentalnya, pesimis, dan menganggap tidak lulus tes adalah hal wajar, beh…

Bayangin aja, di tes tulis dari 9 peserta ujian SIM C hanya aku satu-satunya yang lulus. Pada tes praktek ada juga anak yang tidak lulus tes hingga 5 kali, anaknya terlalu grusa-grusu (buru-buru) sewaktu mengendarai motor, wasting time banget kan.. Saranku, persiapkan semuanya sebelum berangkat tes.

Mungkin temanmu belum tahu:

10 thoughts on “Bikin SIM C Legal Dalam Sehari, Bisa!

  1. Iskael says:

    wah mantep mas sharing ilmunya
    dulu setahuku emang ga semudah itu 😀

  2. Achmad Fazri says:

    Dulu saya bikin sim c pakai jalur normal. Polisinya nyari-nyari kesalahan. untungnya lulus. tapi pas bikin sim A pakai calo. Soalnya jarang yang dilulusin di polres bekasi

    • Ali Mustofa says:

      mas fazri bikin sim A dimana?kok jarang yang dilulusin?
      Saya penasaran kondisi di Bojonegoro…

  3. CaraSim says:

    info menarik
    ada soal ujian sim nya juga
    terima kasih ya

  4. baiqrosmala says:

    saya juga pernah alami, ternyata bikin sim legal gak begitu rumit. cuman waktu itu pas hari tes ujian online gak lulus, terus nunggu dua minggu lagi buat tes online dan alhamdulillah sim langsung keluar setelah tes praktik

  5. Oyong Ilham says:

    sekarang mah semua pakai calo biar gampang kelulusannya ,,,,,,,:)

  6. Ali Mustofa says:

    Min,,,bikin sim nya di Kantor Bersama (KB) Samsat Bojonegoro kan? Yang di Jalan teuku Umar, Selatannya alun-alun?

  7. gmn caranya pak apa lagi kalo gagal sy harus dateng lagi dan ujian praktek lagi minggu depannya

  8. sim c says:

    pengealaman yang sangat menyedihkan waktu buat sim c, gagal harus ngulang lagi dan nunggu waktu setelah 7 hari. Jarak dari rumah ke polres sangat jauh yakni 57km dari rumah tempat tinggal. Namun sekarang proses pembuatan sim c sangat dimudahkan. apalagi sekarang ada pembuatan sim melalui pendaftaran dan ujian online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *