App Alodokter, Aplikasi Konsultasi dengan Dokter Tanpa Ribet

Halo kawan, lama tak memberikan makanan bagi blog ini. Kali ini izinkan aku menulis sesuatu berdasarkan pengalaman pribadi, bukan advertorial.

Ini tentang sebuah aplikasi android Alodokter. Kondisiku saat itu sedang drop, tidak kuat berjalan kemana-mana, dan mengharuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Apa daya, sedang di tanah rantau dan sendirian di rumah. Berjalan sendiri ke klinik tidak memungkinkan bagiku, berdiam diri dan tiduran, juga bakal bikin lama sembuh, aku butuh tahu apa sakitku.

Aku ingat sebuah website, dulu pernah aku submit pertanyaan disitu dan langsung dijawab oleh seorang dokter. Sangat memuaskan, gratis lagi. Namun dengan kondisi yang ngedrop seperti ini, menatap laptop bukan perkara mudah bagiku. Singkat kata, aku buka PlayStore dan mencari-cari aplikasi yang fungsinya mirip dengan website tanya jawab dokter (lupa webnya apa). Jatuhlah perhatianku pada aplikasi android Alodokter.

Proses download mudah, instalasi mudah, dan ketika masuk Home aplikasinya, mirip seperti aplikasi chat… whatsapp or telegram, yang pasti desainnya mirip aplikasi chat, walaupun aku yakin sistemnya bukan seperti aplikasi chat.

Aku tidak langsung submit pertanyaan disana, tapi melihat-lihat dulu obrolan orang-orang. Memang cukup memuaskan jawabannya, dan tampaknya mereka memiliki standar sendiri dalam menjawab, yakni memberikan edukasi tentang penyakit terkait, lalu memberikan jawaban spesifik tentang pertanyaan yang dimaksud. Ujung-ujungnya pertanyaan tidak jelas atau membutuhkan bertemu fisik langsung dengan pasien, dokter menyarankan agar penanya menemui langsung dokter yang ahli di bidangnya.

Akhirnya saya submit pertanyaan terkait keluhan pribadi, dan buh za… beberapa menit kemudian dijawab oleh salah seorang dokter yang tergabung dalam jaringannya. Well, sangat memuaskan.

Beberapa fitur menarik dari aplikasi Alodokter ini, imho, sebagai berikut:

# Penjawab Pertanyaan Adalah Dokter Asli

Ini kurasa adalah fitur paling penting. Kesehatan adalah salah satu bidang dimana banyak orang yang mencoba menjadi dokter wannabe. Aku pernah baca sebuah tulisan yang mengatakan bahwa penyakitnya bertambah parah karena mengikuti saran perawatan dari blog! Wow. Ga mau kejadian kayak gitu kan? Disitulah kita merasa aman dengan app Alodokter, bahkan nomer keanggotaan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) juga disematkan di setiap profil dokternya.

# Selalu ada dokter yang aktif menjawab 

Lihat pada gambar no. 1 teratas di tulisan ini, disitu tertulis “now”, artinya itu baru saja dibalas. Pada saat itu ada dokter yang baru saja menjawab pertanyaan penanya. Hebatnya dokter-dokter ini sabar-sabar loh. Pernah kubaca salah satu arsip, yang bertanya seorang anak alay dengan font ketikan yang alay pula! Aku membacanya aja agak delay, ckckck. Tapi si dokter membalasnya dengan sabar dan tetap beretika. Terima kasih dok, salute!.

# Ada database penyakit dan obat

Screenshot_2016-06-22-13-20-27

Ini fitur yang okepunya juga. Buat kamu yang ingin menambah pengetahuan, tersedia indeks dari A-Z berbagai macam penyakit. Eitts, tapi tolong jangan dijadikan ini untuk berbuat buruk, belajar dari tekstual dan tanpa bimbingan ahli dan sekolah formal, lalu mengklaim tahu “apapun” tentang masalah kesehatan dan diagnosanya, itu suatu perbuatan kriminal!

# “Majalah” kesehatan

Suka baca-baca artikel dan tips kesehatan? di aplikasi ini juga disediakan. Pada menu Majalah, kamu akan disajikan artikel-artikel yang membahas tentang kesehatan, mulai dari tips, hoax di dunia kesehatan, kesehatan wanita, dan banyak lainnya. Eh, denger-denger penulisnya juga para dokter asli loh, jadi tidak perlu khawatir kalau mereka pake jasa penulis artikel, hehe.


Kembali ke kisahku tadi. Pada akhirnya aku bisa berangkat ke dokter di dekat rumah, karena ada seorang rekan baik hati yang mengirim seseorang untuk menjemputku ke rumah dan mengantarku ke klinik terdekat. Pulangnyapun masih diantar cari makan minum, padahal bulan puasa (aku udzur tidak puasa), hee.

Terima kasih atas semuanya. Untuk informasi lebih lanjut atau ingin mencoba sendiri app android Alodokter, saya sematkan linknya dibawah ini.

Alodokter @Playstore : play.google.com/store/apps/details?id=com.alodokter.android
Website resmi : www.alodokter.com

Mungkin temanmu belum tahu:

30 thoughts on “App Alodokter, Aplikasi Konsultasi dengan Dokter Tanpa Ribet

  1. evylia hardy says:

    Sekarang kita dimanja dg teknologi ya, mau apa aja ada aplikasinya 🙂

  2. alwi says:

    keren juga nih gan aplikasinya. gak ribet ke dokter kalo meriang..hehehe

    • Pak'e Maryam says:

      Iya keren banget sob.. bahkan klo nganggur2 or mati gaya masih bisa browse2 obrolan orang2, haha..

  3. Waah mau… Aku suka baca blog alodokter ini membantu banget soalnya.
    Makasi infonyaaa

    • Pak'e Maryam says:

      Sipp sama2.. banyak banget manfaatnya bagi teman2 yang butuh konsul ke dokter tp blm mampu berangkat ke RS..

  4. Aku baru tahu kalau ada aplikasi Alodokter ini, Mas. Jadi, kita bisa konsultasi gratis ya tanpa harus pergi ke dokter dulu. 😀

  5. YSalma says:

    Semuanya bisa dilakukan dari genggaman tangan ya, solusinya pun sangat dipercaya dan memuaskan.

  6. @dodon_jerry says:

    teknologi sudah sangat canggih, bahkan dokter sudah terasa seperti digandeng kemana mana dan berada dalam genggaman. menyenangkan sekali

    • Pak'e Maryam says:

      Tidak hanya menyenangkan, imho. Bagi yang salah jalan menggunakannya bahkan bisa berbahaya bagi dirinya, antisosial, dsb.

  7. Wah menarik, harus install app alodokter nih. Berguna banget jika ada yang mau kita tanyakan ke dokter, tanpa antri. Praktis dan nggak ribet ya.

  8. Ophi Ziadah says:

    makin banyak ya start up di teledokter spt ini makin praktis

  9. wah baru tau nih… kadang kalo ngalamin suatu gejala yg aku ga tau kenapa, selalunya memang nanya ke google.. Tapi iya sih jawabannya belum tentu bisa dipercaya.. kalo ada aplikasi beginikan jd enak ya ;).. meskipun sadar utk banyak penyakit memang harus ketemu dokternya lgs sih, supaya bisa diperiksa lbh lanjut.

    coba donlot ah, mau cek juga apa dokter langgananku ada di jaringan ini 😀

    • Pak'e Maryam says:

      Hee daripada googling baca artikel ga jelas, mending yg aman2 aja langsung sama dokter asli.

      • Satria Bimo says:

        Haha bener banget tu mas kalau Googling belum tentu yang nulis bener2 tau tentang penyakit ini itu tapi maen tulis aja.

        Sering nemuin soalnya pas nyari info tentang satu penyakit malah isinya bertentangan yang satu bilang ga boleh makan ini yang satu lagi bilang harus makan ini 🙂

        mendingan tanya sama yang ahlinya aja biar ga salah lagi

  10. Didik says:

    Wah baru tahu bisa konsultasi gratis melalui aplikasi ini. Biasanya harus bayar dengan harga mahal. Salut buat kreatornya.

  11. ninda says:

    enak nih mau konsultasi gak usah rempong yah 😀

  12. Wiiih keren juga ada aplikasi konsultasi online dokter begini. Kalau ada yang ga dimengerti tentang penyakit yg diderita anak-anak yak…

  13. sekarang jaman memang tambah maju ….
    kalau saya biasanya nyari jawaban di google

  14. Helpful banget, ya.
    Memang lebih baik langsung bertanya kepada ahlinya selagi bisa. 🙂

  15. Anisa AE says:

    Wah perlu dicoba nih aplikasinya. Keren uy, berasa punya dokter pribadi

  16. Nathalia DP says:

    Wah enak ada aplikasinya

  17. Oyong Ilham says:

    wah … enak juga kalau sdh ada aplikasi seperti ini ,… jadi tambah mudah

  18. Husnul says:

    Apa penanganan pada anak yg bibirnya berdarah karena jatuh

  19. Husnul says:

    Bagaimana cara menangani anak yg bibirnya berdarah karena jatuh

  20. Ayu says:

    Dokter saya punya jerawat yang menyiksa di bagian dagu saya rasanya sakit merah bernanh dan berbrntuk melebar bengkak nya

  21. fajri says:

    wuih keren… kalau pake aplikasi kaya gini jadi tambah praktis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *